Monday, May 25, 2015

Tugas Praktikum 1


1.      Processor : sebagai pusat atau pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya.
Motherboard : menghubungkan semua peralatan computer dan membuatnya bekerjasama.
Memory RAM : sebuah tipe penyimpanan computer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang sementara atau pemacu proses kecepatan.
Harddisk: data yang disimpan dalam cakram keras yang tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listik.
Sound Card: menunjang fungsi suara dalam PC multimedia
Cd ROm : membaca data yang ada di media cd
Keyboard : papan yang terdiri dari tombol angka, huruf dan symbol untuk mengetik kalimat.
Monitor : hardware yang menampilkan hasil kerja.
Kabel Bus : penghubung komponen ke motherboard harddisk,cdrom.
Kabel Power : menghubungkan satu perangkat jaringan keperangkat lainnya.
Casing : pelindung komponen
PowerSupply : mengubah aliran listrik, arus bolak balik yang tersedia dari aliran PLN
VGA Card : mengubah sinyal digital dari computer menjadi tampilan grafik kelayar monitor.

2.       PERAKITAN KOMPUTER

·      Letakkan motherboard pada tempat yang datar dan jangan lupa beri alas dengan permukaan yang lembut agar motherboard tidak tergores atau putus jalur komponennya.


·            Pasang processor pada motherboard. Pemasangan processor usahakan diluar casing agar memudahkan anda dalam pemasangan processor tersebut.Pemasangan processor disesuaikan dengan jenis processor dan motherboard yang digunakan.















·          Setelah prosessor terpasang kemudian lakukan pemasangan kipas processor.


·         Pasang RAM pada slot RAM yang tersedia pada motherboard. Pemasangan RAM pada slot harus mengikuti aturan  karena apabila terjadi kesalahan dalam pemasangan dapat membuat RAM dan motherboard rusak atau terbakar.











·         Siapkan casing untuk pemasangan semua komponen yang sudah di sediakan.

·         Setelah menyiapkan casing pasanglah catu daya atau power supply seperti gambar dibawah ini.

·         Setelah itu masukkan motherboard pada casing secara perlahan agar motherboard tidak rusak. Pada saat pemasangan motherboard, perhatikan konektor mouse, keyboard, serial, vga dan sound agar terpasang dengan panel yang terdapat pada casing dengan benar.
·         Kemudian bautlah motherboard dengan dudukannya agar kuat dan tidak goyang.

·         Di contoh ini kita menggunakan motherboard yang sudah dilengkapi dengan VGA, Sound Card, dan LAN Card yang sudah menjadi satu dalam motherboard. Komponen yang sudah menjadi satu dengan motherboard disebut dengan komponen ON BOARD.

·         Setelah itu pasanglah CD ROM pad jarak yang terdapat pada casing, dengan cara memasukkannya dari depan.

·         Kemudian bautlah CD ROM yang telah terpasang tadi dengan raknya agar tidak  goncang. Kemudian pasangkan kabel power dan kabel data atau kabel ATA CD ROM pada motherboard.

·         Pasanglah harddisk pada rak yang terdapat pada casing dengan perlahan agar harddisk tidak terbentur. Karena komponen harddisk ini sangat rawan tehadap goncangan. Kemudian baut dengan kencang agar tidak goyang.

·         Setelah harddisk terpasang kemudian pasanglah kabel data atau kabel ATA harddisk pada motherboard dan pada harddisk itu sendiri.

·         Pasang konektor power supply pada tempatnya yang terdapat di motherboard. Jika pemasangan ini salah maka akan mengakibatkan kerusakan yang fatal pada motherboard.

·         Kemudian tancapkan konektor power / restart / hdd lad / power lad dan pad konektor lainnya yang terdapat di motherboard seperti gambar berikut.


·         Setelah kita selesai merakit semua komponen kemudian pasang penutup casing dan perakitan tersebut  harus kita tes apakah berhasil atau tidak. Pasang kabel port VGA ke monitor kemudian power monitor dan CPU kesaklar listrik, selanjutnya hidupkan  bila computer dapat BOOTING maka perakitan berhasil. Bila tidak dapat BOOTING berarti perakitan belum sempurna, maka harus disempurnakan terlebih dahulu bila nanti ingin menginstal Sistem Operasinya dengan cara cek kembali semua komponen yang telah terpasang apakah sudah benar atau tidak



3.      KESIMPULAN
Dengan memahami perakitan computer maka akan mampu mengetahui  dimana kerusakan sering terjadi, saat PC tidak mau hidup, kemungkinan besar kesalahan pada penempatan VGA  dan Memory RAM, atau kabel PowerSupply dan kabel bus yang sudah tidak layak. Atau apabila PC dihidupkan ada suara bising biasanya dikarnakan heatsink yang kotor dengan debu.


Share this

0 Comment to "Tugas Praktikum 1"

Post a Comment