Tuesday, March 31, 2015

Bad Design



Pada tulisan kali ini, saya akan menjelaskan tentang contoh bad design dari sebuah web dan saya juga akan menjelaskan design yang bagus itu seperti apa. Sebenarnya yang dikatakan "Bad Design" itu adalah sebuah desain yang buruk atau tampilannya tidak enak dilihat oleh mata. 


Menurut terjemahan arti dari desain sendiri adalah
seni terapan, arsitektur dan juga bisa berbentuk sebuah pencapaian kreatif lainnya yang daoat berupa barang - barang kebutuhan sehari-hari. Secara umum desain biasa digunakan sebagai kata benda maupun kata kerja. Untuk penggunaan sebagai kata kerja , desain memiliki arti sebagai proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru yang dapat berguna. Sementara sebagai kata benda , desain digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau dapat juga berbentuk obyek yang nyata.

Desain sendiri bisa dikatakan sebagai desain yang baik maupun desain yang buruk (bad design) tergantung setiap orang melihat sesuai sudut pandang masing masing , terkadang ada sebuah desain yang dianggap buruk namun bagi sebagian kalangan itu dianggap sebuah desain yang sangat baik , begitupun sebaliknya . Pada kenyataannya desain yang baik harus memiliki beberapa kriteria yang terpenuhi misalnya memiliki nilai tambah pada sebuah objek baik itu obyek nyata maupun sebuah desain web , sudah pasti berguna , tidak merepotkan, serta bisa membuat user nyaman.


Mungkin ada baiknya jika ingin membuat sebuah website cukup simple saja dan yang pastinya tidak mengganggu penglihatan. Dan berikut ini adalah salah satu contoh website yang mempunyai tampilan buruk. Untuk melihatnya




Gambar diatas merupakan salah satu website yang desainnya sangat buruk. Mengapa demikian ?


  1. Ketika memasuki website tersebut, hal pertama yang dilihat adalah tampilannya. Tampilan yang ada didalam website tersebut sangat membingungkan, terlebih lagi banyak gambar-gambar yang tidak penting atau tidak jelas gunanya untuk apa.
  2. Tata letak link , gambar dan tulisannya tidak berarturan (acak-acakan), jadi terkesan membingungkan bagi yang ingin melihatnya.
     
  3. Tidak pada umumnya, website biasanya menggunakan bahasa inggris namun pada website ini bahasa yang digunkanan adalah bahasa jerman dan tentu tidak semua orang bisa berbahasa jerman dan bisa menterjemahkan bahasa tersebut.
  4. Pada website ini terdapat banyak sekali gambar bergerak yang tidak tahu fungsinya untuk apa.
  5. Terlalu color full (warni-warni) sehingga tidak enak untuk dilihatnya
  6. Pada halaman awal tidak dijelaskan tujuan dari website ini dibuat untuk apa. Untuk bisnis online atau hanya sekedar untuk memasang iklan.
  7. Banyak pilihan menu yang tidak sesuai dengan web, dan banyak sekali menu-menu yang terhalang oleh gambar yang tidak jelas. 

Website yang bagus atau menarik itu biasanya enak dilihat, tidak ribet dan tidak terlalu bermain dengan warna. Jika melihat contoh web diatas, ada baiknya web tersebut memfokuskan pada satu tema. Dan untuk menarik para pembaca yang ingin melihatnya, website ini seharusnya tidak harus color full (warna-warni). Bahasa yang digunakan pun seharusnya bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak orang, seperti bahasa inggris. Kemudian, dibagian awal seharusnya diberi tahu tujuan dari website ini untuk apa sehingga tidak memusingkan bagi yang ingin melihatnya.




Itu tadi penjelasan mengenai contoh desain web yang buruk atau bad design. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya. Artikel ini tidak bermaksud untuk menjelek-jelekan, akan tetapi lebih kepada saran agar website tersebut bisa lebih baik kedepannya.
Thank You For Reading....

Share this

0 Comment to "Bad Design"

Post a Comment